Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Kuliner Indonesia

Kuliner Madura - Nasi Bebek Sinjay


Wisata Kuliner Indonesia #284
Kuliner Madura
NASI BEBEK SINJAY

Jl. Raya Ketengan No. 45 Bangkalan
Telp.: 031-72665949
Madura


Bebek Sinjay Madura! Ikon kuliner yang satu ini sering sekali disebut oleh banyak orang ketika berbicara tentang kuliner di Madura. Bikin penasaran banget... Akhirnya bulan Mei 2013 datanglah kesempatan untuk dapat mengunjungi tempat ini. Sebenarnya apa sih istimewanya bebek yang satu ini? Ternyata memang beda, satu piring nasi hangat yang pulen dengan potongan daging bebek goreng disajikan dengan, ini yang unik, sambel mangga yang asem-asem pedes gimana gitu. Dan ya memang beda, bebek gorengnya dengan sangat terpaksa saya nobatkan sebagai "terbaik" dari beberapa tempat bebek goreng yang pernah saya kunjungi. Tekstur daging bebek yang sering disebut alot dan amis, tidak nampak sedikitpun disini. Dagingnya begitu lembut dengan bumbu yang meresap ke setiap serat dagingnya, aroma gurihnya pas dan gak main-main. Paduan kualitas yang sangat terjaga sejak sumber daging sampai proses pemasakannya. Yang bikin nambah nampol adalah sajian nasi yang pulen dan hangat plus sambal mangga yang bikin keringetan. Dengan penyajian yang sederhana ini, cita rasa yang disajikan oleh Nasi Bebek Sinjay bener-bener tidak sederhana!

Kalo mau nambah pelengkap boleh loh pesan Rempelo - Ati, atau mereka sering menyebutnya dengan kode RA. Ini juga bikin bengong, bumbu goreng yang biasanya tidak begitu dominan rasanya ketika menyantap jeroan bebek atau ayam ini, disini berbeda. Kayaknya "ngungkep"nya cukup lama, sehingga aroma gurih sangat kentara ketika kita menyantap rempelo dan ati ini. Dan satu lagi, biasanya rempelo kan alot yah, tapi disini juga begitu empuk dan "mudah dicerna". Mempesona...

Yang unik dari Kedai Nasi Bebek Sinjay ini adalah pola pemesanannya. Sebelum makan, kita harus antri dulu di kasir untuk memesan dan langsung membayar pesanan kita. Jadi yang pertama kali dateng suka bingung, karena tidak akan ada pelayan yang menanyakan pesanan kita. Satu porsi Nasi Bebek Sinjay berisi satu porsi nasi, bebek goreng, lalap dan sambel mangga, serta satu botoh Teh Botol Sosro yang sudah dibundling bersama paket ini seharga total Rp. 22.500,-. Kalo mau minum lainnya boleh menikmati kesegaran Kelapa Muda yang dijajakan di samping kedai, dengan pengelolaan terpisah dari Nasi Bebek ini. Bagi-bagi rezeki tampaknya :) Oh ya, jika mau menikmati Bebek Sinjay ini disarankan kita datang sebelum atau tepat pada jam makan siang. Lewat jam 1 siang, sulit untuk dijamin Anda masih mendapatkan kesempatan untuk menikmatinya, karena biasanya sudah habis! Tak heran antrian panjang selalu tampak di depan kasir, baik pada hari kerja maupun weekend. Satu lagi, tertulis dengan jelas di plangnya, "Tidak Membuka Cabang dan Tidak Melayani Pengiriman/Delivery". Jadi walau tampaknya banyak tempat yang mencatut namanya dengan memberi nama mirip bahkan serupa dengan tempat ini, tapi satu yang bisa tak bisa dicatut, kelezatan khas dari Nasi Bebek Sinjay Madura

Kuliner Medan - Roti Tissu Martabak Saren


Wisata Kuliner Indonesia #282
Kuliner Medan
ROTI TISSU MARTABAK SAREN

Jl. Perniagaan
Medan


Terbangun di sekitar jam 8 malam, hujan gerimis kecil ternyata tengah membahasi kota Medan. Setidaknya di kawasan Hotel Aston City Hall tempat saya menginap. Rasa lapar pun tak bisa terhindari. Nyebrang jalan ada aneka jajanan di Merdeka Walk, tapi koq ya terlalu mainstream. Pengen cari yang beda dan khas. Sedikit browsing, akhirnya menemukan sebuah nama kuliner unik yang tidak jauh dari tempat Lapangan Merdeka, Roti Tissu. Karena penasaran saya langsung melangkahkan kaki ke Jl Perniagaan yang terletak tepat di seberang pintu masuk Lapangan Merdeka. Ternyata disana berjajar tenda-tenda yang menyediakan aneka makanan. Dan akhirnya saya menemukan tempat penjual Roti Tissu ini, Martabak Saren nama tempatnya. Pesanan satu porsi menu ini pun langsung meluncur dari mulut saya. Proses pembuatannya ternyata cukup lama, adonan seperti adonan martabak, dibuat setipis mungkin, setipis tissu :) Kemudian diletakkan di atas penggorengan yang besar dan dengan hati-hati digulung berbentuk kerucut sampai bisa berdiri tegak. Wajar jika proses pembuatannya pun memakan waktu cukup lama. Setelah bisa "berdiri" tegak, Roti Tissu kemudian diguyur dengan susu coklat kental manis dan ditaburi parutan keju. Kalau tidak ada pemesan sebelum kita, maka beruntunglah kita karena sajian akan cepat tersaji di meja kita. Tapi kalau sudah banyak antrian di depan kita, siap-siap sabarlah. Paling tidak 30 menit lebih dihabiskan malam itu untuk menunggu pesanan itu dapat hadir di hadaapan saya. Rasanya? Top untuk sebuah cemilan, kerenyahan roti tissu ini patut diacungi jempol. Pernah makan crepes kan? Nah rasanya kurang lebih seperti itu lah, tapi tentunya dengan ukuran yang jauh lebih besar. Harga satu porsi Roti Tissu ini Rp. 20.000, dan cocok untuk dimakan berduaan bahkan beramai-ramai. Makanya saya kayak orang bego, makan kue yang besar ini sendirian :)

Sambil menunggu datangnya roti tissue, akhirnya rasa lapar membuat saya memesan Martabak Telur dari Martabak Saren ini. Martabak "terbalik" dengan kulit di dalam selayaknya martabak india atau martabak aceh, didampingi acar dan kari. Rasa martabaknya sih oke, cuma kurang cocok dengan rasa karinya yang menurut saya kurang "berasa". Masalah selera kali yah. Satu porsi martabak telur ini berharga Rp. 12.000.-/

Di malam hari, Jl Perniagaan ini memang menjadi pusat jajan yang banyak dikunjungi warga Medan. Selain Martabak Saren, kita juga bisa menemukan aneka kuliner lainnya seperti Roti Canai, Nasi Lemak, Mie Aceh, Nasi Goreng, Sea food, Dim Sum, aneka jus dan yang lainnya. Jadi buat yang cari makan malam di kota Medan, boleh menuju Jl. Perniagaan. Tinggal nyebrang dari pintu masuk Lapangan Merdeka yang ada di sebelah Selatan. Yuks..

Kuliner Medan - Mie Aceh Titi Bobrok


Wisata Kuliner Indonesia #280
Kuliner Medan
MIE TITI BOBROK

Jl. Setia Budi No. 17-C
Telp: 061 77809267
Medan


Jarang ada kuliner khas suatu daerah yang jadi ikon kuliner daerah lain, selain RM Padang tentunya :) Nah di Medan ada kuliner khas Aceh yang jadi salah satu destinasi wisata kuliner di kota Medan, namanya Mie Aceh Titi Bobrok. Karena seringnya direkomendasikan orang, maka saya mencoba ke kedai Mie Titi Bobrok ini untuk makan malam. Mie Kepiting langsung saya pesan. Terdapat tiga pilihan jenis Mie: Kuah, Goreng atau Basah (tidak terlalu kering tapi juga tidak berkuah). Saya pilih yang ketiga. Cita rasa khas Mie Aceh yang menusuk tapi tidak terlalu pedas sudah terasa sejak suapan pertama. Paduan rempah khas Acehnya berpadu dengan bagus, menghadirkan aroma gurih dan pedas yang lezat. Sayang kepiting yang disajikan kecil, berbeda dengan kepiting yang disajikan di Mie Razali Banda Aceh. Tapi justru kaki-kaki kepitingnya menjadi renyah dan mudah dikunyah. Harga satu porsi Mie Kepiting ini Rp. 17.500,-, sedangkan untuk mie biasa dapat dinikmati seharga Rp. 9000.

Menu yang juga sayang dilewatkan jika bersantap di tempat ini adalah Martabak Telur-nya. Banyak yang menyebut kalo martabak telur khas Aceh ini sebagai martabak terbalik. Kalau di Pulau Jawa namanya martabak telur itu, telurnya "dibungkus" kulit martabak. Martabak khas Aceh terbalik, kulitnya justru ada di dalam, dibungkus dengan telurnya, sehingga sepintas tampak seperti telur dadar biasa. Disajikan dengan kuah kari dan juga acar bawang yang khas, harga satu porsi martabak ini Rp. 8.000 aja.

Minumnya, coba deh Juice Terong Belanda. Rasa asamny cukup untuk membuat kita sedikit mengernyitkan kening. Seger banget, dan jelas nikmat diminum ketika dingin. Harga satu gelasnya Rp. 8000.

Saya baru tahu kalau nama Titi Bobrok itu berarti Jembatan Rusak. Ya, kedai Mie Titi Bobrok memang dulunya berada di samping jembatan rusak, sekarang sih jembatannya sudah tidak rusak lagi. Tapi tentunya nama yang sudah menjadi ikon kuliner Medan ini tidak berubah, tidak menjadi Titi Kokoh tapi tetap Titi Bobrok :)

Kuliner Solo - Sate Buntel Tambak Segaran


Wisata Kuliner Indonesia #277
Kuliner Solo
Sate Buntel Tambak Segaran

Jl. Tambaksegaran 39 (Jl. Sutan Syahrir 149)
Telp: 0852 93418580
Solo


Sate Buntel, sate dibuntel? Kayak gimana? Itulah pertanyaan yang muncul di kepala saya ketika diajak Mas Hendri, blogger dari kota Solo, untuk bersantap malam kuliner Solo yang unik ini di Sate Buntel Tambak Segaran. Dua porsi sate buntel pesanan kami langsung hadir di meja kami. Tidak seperti sate yang biasanya potongan daging yang ditusuk, sate buntel ini disajikan tidak dengan tusuknya. Sate unik ini tidak dari potongan daging, tapi daging kambing yang dicincang, kemudian dibuntel (dibalut) lemak tipis yang melumer saat dibakar. Disajikan dengan bumbu kecap yang dahsyat, tidak seperti bumbu kecap lainnya, bumbu kecap untuk sate buntel ini terasa kaya rempah dengan rasa yang tidak sederhana, ditambah acar sebagai pelengkap. Rasa legit dari bumbu kecap yang meresap sampai kedalam daging memang patoet dipoedjiken, salah satu sajian sate terenak yang pernah saya coba. Mungkin karena saya penggemar manis yah? Apalagi dengan tidak perlunya usaha keras untuk menyantapnya karena dagingnya empuk dan sudah dilepaskan dari tusuknya. Harga satu porsi besar sate buntel ini Rp. 35.000,-

Ini nih tampilan sate buntel sebelum dibakar, terlihat lemak putih yang membalut daging kambing cincang didalamnya. Kemudian dibakar dengan dilumuri bumbu khusus, tampaknya lumeran lemak dan bumbu tersebut yang menjadi kunci kelezatan kuliner solo yang satu ini.

Tidak sulit menemukan Sate Buntel Tambak Segaran, letaknya di jalan besar dan bakarannya ada di depan sehingga aroma satenya dengan mudah menyeruak :) Tapi jangan salah masuk yah, di samping sate buntel ini terdapat kedai sate babi yang tentu berbahaya buat yang muslim hehehe. Buka dari jam 10 sampai jam 11 malam, bagi penggemar sate, dan terutama yang juga penggemar aroma manis, Sate Buntel ini harus menjadi destinasi wajib jika berburu kuliner Solo.

Kuliner Bandung - Wedang Ronde Alkateri

Kuliner Bandung - Wedang Ronde Alkateri
Wisata Kuliner Indonesia #274
Kuliner Bandung
Wedang Ronde Alkateri

Jl. Alkateri
Bandung


Menyeruput kuah jahe yang manis dan panas di tengah udara dingin malam hari yang diselingi gerimis di kota Bandung memang paling pas. Apalagi dengan paduan ronde isi kacang tanah yang kenyal ahhh.... Ya itulah sensasi yang saya dapatkan ketika menikmati sajian Wedang Ronde Alkateri dekat daerah Alun-Alun Kota Bandung. Tante Gwat langsung menyapa dengan ramah ketika saya menghampiri kedainya yang terletak di sebuah gang di bilangan jalan alkateri. "Mau Ronde besar, kecil atau campur? Mau pake gula merah atau gula putih?" itulah pertanyaan yang ditanyakannya kepada setiap pelanggannya. Saya pilih Ronde campur dengan menggunakan gula merah. Paduan jahe dan gula merahnya memang pas, dan yang paling asik adalah tingkat kekenyalan dari rondenya yang juga "menyenangkan" dengan isi bubuk kacang tanah yang manis. Harga satu porsi Wedang Ronde Alkateri lengkap ini Rp. 13.000,-

Kuliner Bandung - Sop Buah Pak Ewok


Wisata Kuliner #229
Kuliner Bandung
Sop Buah Pak Ewok

Jl. Cimandiri - Bandung


Sop Buah merupakan kuliner segar yang cukup kondang saat ini di berbagai daerah di Indonesia. Tapi tampaknya yang mempopulerkan istilah "Sop Buah" ini ya Sop Buah Pak Ewok yang mangkal di Jl Cimandiri, di belakang Gedung Sate Bandung. Aneka potongan buah seperti strawberry, mangga, melon, semangka, lengkeng, sawo, kelapa muda, buah naga, sirsak, jambu batu dan masih banyak lagi, berpadu cantik dengan es yang sudah ditambahkan sirup gula dan susu kental manis. Kalo suka durian, bisa juga minta sop buah durian yang akan ditambahkan butiran bua durian ke dalamnya. Suegerrrrr.... Untuk semangkuk sop buah biasa harganya Rp.8000, sedangkan yang plus durian Rp.11000.

Kuliner Bandung - Sate Hadori


Wisata Kuliner Indonesia #182
Kuliner Bandung
SATE HADORI

Jl Stasiun Timur 11-12 (Sebrang Stasiun Lama) BANDUNG
Telp: 022 4232312

Kalo cari sate di Bandung, salah satu rujukan banyak orang adalah Sate Hadori yang berada di kawasan Selatan (belakang) Stasiun Bandung atau sering disebut sebagai Stasiun Lama. Kenapa bisa begitu terkenal? Saya mencoba mengunjungi Sate Hadori ini bersama seorang teman untuk bersantap malam. Rumah makan yang sederhana ini ramai dikunjungi pengunjung yang memiliki niatan sama seperti saya, menikmati sate kambing untuk menu makan malamnya. Saya langsung memesan 10 tusuk sate kambing plus 10 tusuk sate ati nya. Menunggu pesanan datang akan agak sedikit lama, karena daging sate baru dipersiapkan dan ditusuk begitu pesanan datang untuk menjaga kesegaran dagingnya. Tidak berapa lama hadirlah sate yang ditunggu-tunggu di hadapan saya. Dihidangkan bersama bumbu kecap (dengan bawang merah dan cabe rawit) serta bumbu kacang. Daging satenya mlenuk-mlenuk, tebal besar tapi lembut, tidak perlu "perjuangan" ketika ketika akan melahapnya. Pembakaran yang pas juga membuat aroma sate ini begitu harum dengan bumbu yang meresap ke dalam. Jangan lupa juga sate atinya, juara banget. Kelembutan dan cita rasa khas ati ini begitu pas dengan bumbu sederhana yang dioleskan pada saat dibakar. Teman saya yang baru pertama kali mencicipi Sate Hadori ini langsung berkomentar: "The best satay ever" :)


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: